mereka belum puas, kini teroris mengincar maroko


Al-Andalus, media cabang al- Qaeda di Maghreb Islam ( AQIM ), merilis sebuah video yang agak canggih dan rinci tentang Maroko berjudul "Le royaume de la korupsi et du despotisme" ( Kerajaan korupsi dan despotisme ) pada tanggal 12 September. Video tersebut berisi beberapa rangkuman, dari kabel Wikileaks laporan TV, untuk menyajikan sebuah tuduhan keras terhadap Raja Maroko Muhammad VI. Menteri Komunikasi dan juru bicara pemerintah, Mustapha al - Khalfi mengatakan bahwa penyiaran AQIM merupakan "upaya untuk melemahkan Maroko".

Maroko telah ditargetkan oleh serangan teroris besar di masa lalu, yang paling baru-baru ini serangan April 2011 di Marrakesh, di mana sebuah bom yang dikendalikan remote diledakkan di Jama’ah al-Fana , menewaskan 17 orang dan melukai 20 lainnya . AQIM membantah keterlibatannya dalam operasi ini, mengatakan bahwa itu mungkin dilakukan oleh militan Maroko lokal dengan pengalaman di medan lain. Dua orang akhirnya dituduh melakukan serangan, Adil Athmani dan Hakim Dah, kemudian dihukum mati.

Groupe Islamique Maroko Combattant Marocain ( GICM - Maroko Islamic Combatant Group) adalah sebuah organisasi teroris Islam Sunni yang berafiliasi dengan al- Qaeda . Pemimpinnya, Sa'ad Houssaini, ditangkap pada tahun 2007 atas tuduhan terlibat dalam serangan Mei 2003 yang menewaskan 45 orang di Casablanca. Penyelidikan serangan ini mengungkapkan bahwa hubungan organisasi dengan al- Qaeda tengah agak longgar, meskipun kelompok itu sepertinya terinspirasi oleh al- Qaeda. Namun, kapasitas kelompok untuk beroperasi di Maroko masih terbatas dan kelompok tersebut kehilangan kapasitas operasionalnya setelah 2003 mendapat tindakan keras pemerintah. Pengamat lokal menilai bahwa kelompok ini tidak terorganisir sepenuhnya, tetapi lebih dari label yang digunakan oleh otoritas keamanan Maroko, menggambarkan bahwa jaringan  militan independen  beroperasi di luar dan dalam negeri .

Mengingat sejarah ini, video AQIM sangat penting - itu merupakan pertama nyata dan terbuka ancaman AQIM melawan kerajaan. Namun, alasan di balik video ini mungkin membentang di luar ide spesifik menargetkan Maroko di masa depan. Hal ini lebih mungkin bahwa AQIM, yang menjalani proses utama reorganisasi setelah intervensi Perancis yang dipimpin di Mali, ingin mengirim sinyal ke militan potensial di Maroko. Ini merupakan upaya untuk mendorong mereka (jihadis Mali) untuk bergabung dengan barisan mereka dan mengarahkan kemarahan mereka terhadap sistem ( raja ) dalam jihad AQIM di Maroko.

Secara historis, konsep "Grand Maroc " dipromosikan terutama oleh kalangan nasionalis terkait dengan Partai Istiqlal , adalah pusat dalam perumusan kebijakan luar negeri Maroko segera setelah kemerdekaan . Menurut konsep ini, wilayah alam dan sejarah negara itu meliputi Mauritania, bagian barat Mali utara ( termasuk Timbuktu ), Sahara Barat dan bagian yang cukup besar dari Aljazair selatan. Mauritania khususnya , telah menjadi target dari serangkaian strategi politik, hukum dan diplomatik yang dilaksanakan oleh Maroko untuk memperluas kedaulatannya di atasnya . Namun, akhir kekuasaan Spanyol atas Sahara Barat pada tahun 1975 mengubah prioritas Rabat, yang membantu kedua negara meningkatkan hubungan bilateral mereka, karena Maroko mengerti bahwa memperbaiki hubungan dengan Mauritania adalah membantu dalam menjaga kontrol atas Sahara Barat. Selain itu, sebagai fokus kebijakan luar negeri Maroko bergeser lebih jelas ke arah Mediterania ( EC / EU ) dan Atlantik ( USA) dimensi. Maroko mengakui  karena dianggap sebagai negara ekspansionis di dunia Arab dan Afrika.

Sebuah hasil yang tak terduga dari perubahan ini adalah bahwa kurangnya Maroko dari  kedalaman geopolitik Sahel Sahara telah menjadi aset keamanan untuk Maroko, membantu negara itu untuk menghindari konsekuensi yang paling menakutkan dari destabilisasi regional tiga tahun terakhir. Maroko telah mampu membendung gelombang revolusioner yang melanda negara-negara regional lainnya pada tahun 2011 Arab Spring. Muhammad VI, menyadari bahwa pemberian beberapa reformasi akan membantu meredakan ketegangan politik, memutuskan untuk membuat beberapa perubahan konstitusi. Namun, beberapa perubahan ini lebih sebatas artificial daripada efektif, karena adanya kabinet bayangan konselor yang ditunjuk langsung oleh Raja mengurangi ruang untuk manuver dari kekuatan-kekuatan yang muncul dari partai pemenangpemilu, terutama Keadilan Islam dan Partai Pembangunan ( JDP ). Selain itu, kehadiran sentimen pro - kerajaan yang kuat di Maroko juga memainkan peran dalam mengurangi efek gejolak Arab Spring dan destabilisasi berikutnya dari Sahel.

Dari sudut pandang ini, sementara ancaman AQIM adalah nyata, kapasitas organisasi untuk beroperasi di Maroko masih terbatas . AQIM adalah dalam proses reorganisasi internal dan operasional menyusul gangguan jaringan di Utara Mali . Sementara sel lokal jihadis terkait dengan al- Qaeda ada di Maroko dan infiltrasi dari negara-negara tetangga masih mungkin, mengingat sifat mereka yang mampu menembus perbatasan regional. Kehadiran mereka tidak dapat dibandingkan dengan kelompok-kelompok di negara-negara Maghreb lainnya seperti Aljazair, Libya dan Tunisia .

Ancaman ke Maroko dari kelompok teroris Sahel adalah tantangan utama pemerintah . Kedekatan geografis Eropa membuat Maroko sebagai terminal utama untuk perdagangan penyelundupan narkoba dari  Amerika Selatan melalui Afrika Barat ke Eropa yang berjalan di utara. Lalu lintas ini ditambah dengan berkembangnya budidaya  ganja di Maroko , yang masih menjadi masalah besar meskipun upaya pemerintah untuk memberantasnya . Akhirnya , sementara kehadiran pejuang Saharawi di jajaran AQIM dan organisasi teroris regional lainnya adalah kenyataan.


Dalam hal penilaian ancaman, ancaman teroris terhadap Maroko adalah nyata, tetapi tidak dapat dibandingkan dengan yang dihadapi oleh negara-negara lain di wilayah ini . Maroko memiliki jihadis lokal sendiri . Pada bulan Agustus, pemerintah mengumumkan bahwa mereka telah membongkar sel yang terhubung ke AQIM koperasi di kota-kota Fez, Meknes, Taounate dan Tiznit. Aliran obat-obatan dan barang-barang ilegal yang melewati wilayah Maroko merupakan pengingat yang signifikan tentang bagaimana  perbatasan Maroko tetap bias tertembus, meskipun fakta bahwa Maroko adalah salah satu negara berdaulat yang paling efektif, di wilayah khususnya dan di Afrika pada umumnya .

AQIM sedang mengalami proses perubahan internal pada tahun-tahun berikutnya dari tindakan keras di Aljazair. Sahelization progresif fokus pada geografisnya, dan hibridisasi kegiatannya , dibagi antara jihad murni dan kegiatan kriminal mafia – gaya baru. Video baru-baru ini mungkin bagian dari strategi yang lebih luas AQIM untuk kembali memperoleh kedalaman operasional regional. Untuk Maroko, kelompok teroris mewakili lebih dari tantangan pemerintahan, mengingat peran mereka dalam perdagangan ilegal menjadi ancaman keamanan langsung. Namun, ada risiko bahwa sel-sel kecil, baik terinspirasi oleh al- Qaeda atau dengan ikatan organisasi untuk AQIM telah mulai beroperasi di Maroko.


Related Posts:

agar indonesia tidak menjadi suriyah...!


Tak ada yang menginginkan peperangan. Peperangan selalu menyisakan kesedihan, air mata, dendam, kekacauan sosial, politik, dan ekonomi yang bisa jadi meninggalkan dampak tahunan bahkan puluhan tahun. Libya misalnya, Negara yang dahulu sempat menjadi Negara kaya dengan hutang luar negeri sebesar nol digit ini kini tengah tertatih untuk bangkit secara politik dan ekonomi yang masih menggantungkan pendapatanya dari sektor eksprolasi minyak dan terkesan menjadi ajang “bagi bagi kue” oleh Negara Negara Uni Eropa, mengingat Uni Eropa mengeluarkan dana tidak sedikit untuk mendukung pihak pemberontak dalam misi menggulingkan rezim khadafi.

Selain perang Libya, kita tentu belum lupa dengan apa yang terjadi pada afganistan, Iraq, dan kini Suriyah. Harusnya dunia termasuk kita, mampu mengambil pelajaran yang dapat dipetik dari sekian rentetan tragedi perang (entah dengan motif apapun) yang telah melayangkan lebih dari satu juta nyawa manusia dalam satu dasawarsa terakhir. Lalu apakah kita sebagai warga Indonesia mau hal serupa terjadi disini, ditanah kelahiran kita?, tempat keluarga dan anak anak cucu kita memperjuangkan mimpi dan cita citanya?.

Setidaknya ada lima poin utama agar tragedy semacam itu tidak terjadi disini :

Pertama, ciptakan iklim politik yang sehat. Bagaimanapun dan dimanapun, system politik yang kuat sangat dibutuhkan dinegara manapun. Politik yang sehat adalah politik yang eskalasinya berjalan secara merata mulai lingkup individu hingga tingkat tampuk kepemimpinan tertinggi. Dengan kondisi politik yang  sehat (apapun system politik yang dianut suatu Negara), sebuah komunitas yang terstruktur menjadi sebuah Negara akan mampu mendayagunakan system perpolitikanya untuk kepentingan kebaikan bersama sebuah Negara, dan otomatis jika sebuah iklim politik yang sehat telah tercipta maka ini akan bias meminimalisir potensi gesekan politik.

Lalu bagaimana langkah nyata kita sebagai sebuah individu suatu Negara agar mendorong terciptanya sebuah system politik yang sehat?. Yaitu dengan menjalankan prinsip utama politik, yaitu Jujur dan Adil. Dengan kedewasaan berpolitik mulai dari lingkup individu yang mengaplikasikan prinsip prinsip kejujuran dan keadilan, diharapkan akan membentuk sebuah masyarkat, partai politik, lalu politik makro sebuah Negara menjadi sehat, bersih, dan bermanfaat berdayaguna lebih untuk menciptakan sebuah Negara yang lebih baik.

Kedua, pemerataan pembangunan ekonomi. Indonesia Sebagai bangsa yang besar yang artinya juga memiliki potensi konflik yang lebih besar disbanding Negara Negara kecil lainya, tidak bisa tidak harus menganut prinsip yang kedua ini jika menginginkan keutuhan negaranya, yaitu keadilan dan pemerataan pembangunan ekonomi. Ekonomi adalah salah satu aspek terpenting didalam suatu komunitas atau suatu Negara. Maju atau tertinggalnya suatu Negara umumnya ditentukan dari barometer pembangunan ekonominya. Negara dengan ekonomi yang buruk memiliki potensi terjadinya konflik lebih tinggi dianding dengan Negara Negara dengan ekonomi yang lebih baik. Namun jika kemajuan pembangunan ekonomi tidak didasarkan pada asas keadilan dalam pemerataan pembangunanya maka potensi konflikpun akan mudah tersulut, ini seperti menyimpan api dalam sekam.

Ketiga, kepastian hukum. Hukum adalah salah satu tiang utama suatu Negara. Manakala hukum itu berjalan baik maka baiklah suatu Negara dan sebaliknya. Negara Negara dengan eskalasi konflik yang bertubi tubi, dipastikan dimulai dengan hukum dinegara tersebut berjalan ditempat. Konsistensi sebagai Negara dengan dasar Pancasila, Bhineka tunggalika, NKRI, UUD 45 harus sejalan dengan penegakan hukum di masyarakat. Di Negara Negara maju dengan hukum yang berjalan baik bisa dipastikan konflik yang terjadi sangat minim bahkan yang mencapai peperangan dengan mengangkat senjata hampir dipastikan tidak ada. Sementara di Negara dengan hukum yang berjalan tidak baik atau bahkan tidak adil maka potensi konflik yang menjadi nyata hanya tinggal menunggu waktu. Maka kita sebagai sebuah kesatuan Negara harus mengupayakan keadilan hukum seadil adilnya. Jika memang ada ormas yang melanggar norma norma hukum, ya harus ditindak sesuai dengan peraturan yang berlaku taanpa mengabaikan asas asas dan nilai nilai keadilan.

Keempat, tumbuhkan nasionalisme dan ikatan kebangsaan yang kuat. Kita adalah bangsa dengan keragaman budaya dan masyarakatnya sejak dahulu kala. Nenek moyang dan leluhur kita telah biasa hidup berdampingan dalam perbedaan. Dalam diri kita telah tertanam DNA toleransi dan pluralisme. Sebagai bangsa majemuk kita dituntut untuk serasi dan harmoni dalam balutan fitrah Tuhan yang bernama perbedaan. Namun pencapaian makna toleransi tersebut dirasa masih belum mampu menahan laju gesekan konflik seiring dengan perkembangan globalisasi zaman dengan segala problematikanya. Maka sebagai sebuah Negara, Nasionalisme adalah perekat yang paling ampuh. Perasaan memiliki dan tanggungjawab mengemban amanah para pahlawan yang mengorbankan nyawanya untuk kelangsungan negri ini harus terus ditingkatkan. Kesadaran bahwa kita adalah saudara sebangsa, darah kakek buyut kita pernah sama sama tumpah untuk membela negeri ini. Kepalan tangan kita adalah muara mimpi anak anak cucu kita. Semangat kesatuan, Nasionalisme, dan persaudaraan harus selalu kita perkokoh agar bangsa ini, agar kita tidak mudah dibenturkan.

Kelima, ciptakan hubungan luar negeri yang harmonis dan bermartabat. Sebagai sebuah Negara yang bertetangga sengan Negara Negara lainya dalam masyarakat global, kita dituntut untuk mampu menciptakan hubungan luar negeri yang saling menguntungkan baik dari aspek ekonomi, politik, hingga pertahanan dan keamanan.  Sebuah Negara dengan catatan hubungan luar negeri yang buruk akan dengan sendirinya mengundang ancaman keamanan nasional Negara tersebut. Negara Negara “jumawa” laiknya menggali liang kuburnya sendiri. Dimanapun konflik antar Negara pasti merugikan, apapun motif yang mendasarinya. Namun begitu, kita tetap harus menjaga azas azs kewibawaan kita sebagai sebuah Negara. Bukanlah hubungan luar negeri bias dikatakan sehat amankala kita lebih sering dirugikan dalam akta akta kerjasama baik kerjasama dalam segi ekonomi, ilmu pengetahuan, dan militer. Kita hendaknya mampu memposisikan diri sebagai sebuah Negara yang ramah namun juga mampu menjaga martabatnya.
Secara sederhana secara individu suatu Negara dalam kancah pergaulan masyarakat global, hendaknya kita tidak menutup diri dari Negara manapun. Tidak merasa lebih baik maupun merasa lebih rendah dari warga Negara asing manapun. Selalu berkompetisi dalam hal hal positif terutama ilmu pengetahuan dan teknologi. Salam damai, peace for the world for the better place…

Related Posts:

4 Alasan AS tak juga menyerang suriyah

Hingga hari ini, banyak pengamat politik internasional telah enggan mendukung rencana Presiden Obama menyerang Suriah untuk menghukum rezim Assad atas klaim menggunakan senjata kimia,  serta untuk menegaskan  tekad Amerika untuk berdiri  sebagai polisi dunia terhadap negara-negara “nakal” .

Setelah sekian banyak perdebatan di media dan setelah menyimak konferensi pers presiden Obama di St Petersburg , para pengamat telah sangsi atas langkah amerika untuk alasan berikut :

Pertama , kredibilitas AS di Suriah dipertanyakan . Argumen bahwa Amerika Serikat harus menyerang Suriah untuk menjaga kredibilitas Amerika sangat dipertanyakan setelah pemerintah Obama selalu berubah ubah alasan untuk menyerang  Suriyah. Presiden awalnya mengatakan serangan militer AS terhadap pasukan Assad hanya akan menjadi  sebatas pemakzulan rezim Bashar al-assad.  Namun ia dan Menteri Luar Negeri John Kerry menyatakan bahwa serangan AS akan menjadi bagian dari strategi yang lebih luas untuk membebaskan Suriah dari perang saudara dan untuk memaksakan efek hilir untuk mengikis kemampuan militer konvensional rezim Assad yang artinya ini akan mengulangi kesalahan perang Iraq yang lalu bukan?. Ini membuat dunia menyangsikan kredibilitas Amerika atas rencana mereka menyerang Suriyah, jika hanya nantinya akan berakhir seperti apa yang terjadi di Iraq.

Kedua, Obama ragu ragu atas kebijakanya sendiri atas konflik suriyah, urgent apa tidak?. Satu-satunya alasan Presiden Obama untuk menggunakan kekuatan militer untuk menyerang Suriyah adalah pada pidatonya pada  Agustus 2012, komentarnya bahwa penggunaan senjata kimia oleh rezim Assad akan menjadi " garis merah " baginya . Tapi hingga detik ini, garis merah yang presiden Obama jelaskan belum juga jelas .
Presiden Obama kehilangan kepercayaan public atas keputusanya menyerang suriyah  setelah Menteri Kerry membuat pidato emosional pada tanggal 31 Agustus tentang mengapa Amerika Serikat harus menyerang Suriah, tapi hari berikutnya presiden menunjukkan serangan AS tidak mendesak . Presiden Obama malah mengatakan dia akan meminta persetujuan kongres untuk serangan AS di Suriah tetapi tidak menyebut Kongres kembali ke Washington untuk merapatkan  ini - ia malah memutuskan untuk menunggu sampai Kongres kembali usai reses musim panas . Jadi ini mendesak atau tidak?

Keraguan Presiden Obama semakin kentara ketika ia mengatakan dalam konferensi pers di St Petersburg , Sabtu : " Saya tidak menempatkan ini sebelum Kongres , kau tahu, hanya sebagai taktik politik atau sebagai simbolisme . Saya meletakkannya di depan Kongres karena saya tidak sepenuhnya ​​mengklaim bahwa ancaman yang ditimbulkan oleh penggunaan Assad atas senjata kimia terhadap penduduk sipil dan perempuan dan anak-anak tak berdosa sebagai sebuah ancaman langsung terhadap Amerika Serikat". Dengan komentar ini , Presiden Obama mengatakan ia ingin menyerang Suriah meskipun bukan merupakan ancaman langsung terhadap Amerika Serikat . Dan bukankah artinya ia membutuhkan persetujuan Konggres?, dan ini pasti memerlukan waktu yang tidak singkat melihat bagaimana Konggres harus bijak menentukan skala prioritas Anggaran ditengah melemahnya ekonomi Amerika.

Masalah serangan AS ke suriyah ini telah ditangani oleh Presiden Obama dan pejabat seniornya secara tidak elegan. serangan AS terhadap Suriah tidak akan terkesan oleh siapa pun - itu akan dibaca oleh Timur Tengah dan negara-negara nakal di seluruh dunia sebagai cara sinis untuk menopang reputasi presiden . Sebuah serangan dalam keadaan ini mungkin akan melemahkan dan tidak mempromosikan kredibilitas AS .

Ketiga, menyerang Suriah atas norma internasional terhadap penggunaan senjata kimia adalah sebuah “blunder” . Argumen pemerintahan Obama bahwa Amerika Serikat Amerika Serikat harus menyerang Suriah sendiri untuk menegakkan norma internasional yang melarang penggunaan senjata kimia adalah pembenaran yang lemah dan berbahaya . Lebih dari 100.000 telah tewas dalam pemberontakan Suriah selama 28 bulan terakhir dan pemerintahan Obama tidak melakukan apa pun . Juga, jika ini adalah posisi baru AS pada penggunaan kekuatan militer , bukankah kita harus menyerang Korea Utara untuk menghentikan program senjata nuklirnya dan untuk membebaskan ratusan ribu ditahan di kamp-kamp penjara mengerikan nya ? ( Menurut laporan pers baru-baru ini , 20.000 telah menghilang dari satu kamp Korea Utara besar selama setahun terakhir dan mungkin telah dieksekusi ). Lalu Amerika  akan menyerang Iran atas program nuklirnya?, Ada 15 negara menurut Freedom House dinilai memiliki catatan hak asasi manusia yang buruk sebagaimana Suriah . Salah satunya adalah China . Apakah Presiden Obama berencana untuk menyerang semua negara-negara ini untuk menegakkan norma-norma internasional ?

Keempat , klaim pemerintahan Obama bahwa ia harus mengambil tindakan karena tidak efektifnya PBB,   dinilai lemah, terlalu terlambat serta munafik. Butuh banyak “topeng”  bagi para pejabat Obama untuk mengeluh tentang ketidakmampuan PBB untuk menyetujui aksi militer terhadap rezim Assad, karena bukankah Amerika telah lama bergerak sendiri tanpa persetujuan PBB, sebagaimana di Iraq dan Afganistan. Para pejabat Obama telah berulang kali menegaskan bahwa Amerika Serikat tidak bisa menggunakan kekuatan militer terhadap negara-negara “nakal”  tanpa persetujuan dari Dewan Keamanan PBB, namun bukankah mereka sendiri yang telah melanggarnya berulang kali.

Apa yang Harus Dilakukan?


Kongres harus menolak koheren " jam amatir " rencana Presiden Obama untuk menyerang Suriah . Sementara beberapa berpendapat Amerika Serikat harus menyerang Suriah untuk mempertahankan kredibilitas AS dan untuk mencegah Iran , para pengamat lebih percaya bahwa serangan AS di bawah keadaan ini lebih lanjut akan merusak keamanan nasional AS dan reputasi Amerika di panggung dunia . Amerika tidak seharusnya mengambil tindakan militer karena presiden tidak menggunakan parameter parameter yang jelas untuk kasus Suriyah. Get peace Suriyah, no more war, no more blood.

Related Posts:

Pelajaran Mandela pada Bashar al-assad

Presiden Suriah Bashar Assad , (dua setengah tahun mengalami tragedi pemberontakan berdarah melawan pemerintahannya) , meratapi kematian Nelson Mandela , Jumat , menyebut Nelson Mandela menjadi inspirasi bagi para pejuang kemerdekaan dan pelajaran untuk tiran .

Mandela , seorang pemenang Hadiah Nobel Perdamaian , meninggal di rumahnya di Johannesburg  pada Kamis ,5 desember 2013 pada usia 95 tahun, mendorong curahan ucapan berkabung dan penghormatan dari para pemimpin dunia.

Presidensi Suriah menyuarakan ucapan berkabungnya untuk mandela dengan sebuah pernyataan di halaman Facebook -nya pada hari Jumat , menyebut negarawan Afrika Selatan " inspirasi dalam nilai-nilai kasih dan persaudaraan manusia. "

" Sejarah perjuangan -Nya telah menjadi inspirasi bagi semua orang yang rentan di dunia , dengan harapan bahwa penindas dan agresor akan belajar pelajaran bahwa pada akhirnya merekalah yang yang merugi , " kata presiden syuriah .

Konflik Suriah dimulai pada Maret 2011 , sebagai gerakan protes damai menyerukan reformasi demokratis tetapi , setelah tindakan represif pemerintah  dan campur tangan asing, konflik ini berubah menjadi perang habis-habisan dan menelan ribuan korban sipil dan militer.

Kekuatan dunia tetap menemui jalan buntu atas bagaimana untuk menyelesaikan konflik suriyah, yang telah menewaskan lebih dari 100.000 orang dan menyeret  banyak negara  dalam campur tangan konflik ini , termasuk beberapa diperintah oleh faksi Al Qaeda dari Islam radikal.
Seharusnya dunia patut belajar dari perjuangan Nelson Mandela yang meninggalkan pendekatan pendekatan kekerasan fisik dan itu terbukti berhasil. Sejarah telah membuktikan, tanpa senajata nelson mandela mampu merubah afrika selatan bahkan dunia. Selamat jalan mandela.

Related Posts: